ABS-CBN Media Terbesar di Filipina Berhenti Siaran, MNL48 Bisa Ikut Terancam -->

ABS-CBN Media Terbesar di Filipina Berhenti Siaran, MNL48 Bisa Ikut Terancam

Rabu, 06 Mei 2020


Overseas48.com - Warga Filipina kini tengah dihebohkan dengan berhentinya siaran sebuah media terbesar di negara tersebut yaitu ABS-CBN.

Pada 5 Mei 2020, Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina memerintahkan penutupan operasional media TV terbesar dan terkemuka di negara tersebut, ABS-CBN.

Seperti yang dilansir dari BBC.com, alasan penutupan operasi ABS-CBN adalah lisensi mereka telah habis masa berlakunya.

Namun banyak yang percaya bahwa ini adalah salah satu bentuk balasan Presiden Rodrigo Duterte yang kerap dibuat geram oleh ABS-CBN.

ABS-CBN dikenal sebagai media independen dan pernah melakukan penolakan penayangan video kampanye Presiden Rodrigo yang dikenal pembungkam media pada tahun 2016 silam.

Dilansir dalam Tempo.com, Rodrigo kerap kali membuat ujaran kebencian terhadap media TV nomor satu di Filipina ini dan mengancam mencabut izinnya karena kerap mengkritik kebijakan pemerintah yang dibuatnya.

Sebagai media terbesar, ABS-CBN juga turut membantu perkembangan grup idola MNL48 sejauh ini. HHE agensi yang menaungi MNL48 telah bekerjasama dengan ABS-CBN sejak grup ini memulai audisi pertama.

Kabar penutupan ini media TV ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi grup idola adik JKT48 di Filipina itu.

MNL48 bisa saja kehilangan kesempatan mendapat perhatian publik karena acara TV yang diikuti oleh grup ini harus dihentikan.

Padahal biasanya MNL48 kerap tampil dalam acara it's Showtime dalam peluncuran single-single baru mereka.

MNL48 juga akan kehilangan salah satu wadah siaran untuk pemilu ketiga mereka yang siap ditayangkan di acara milik ABS-CBN.

Kontrak MNL48 dengan media ini masih dalam jangka lama, pembaruan dilakukan pada akhir 2019 silam dan memungkinkan grup ini tidak dapat tampil di kanal TV selain ABS-CBN.

ABS-CBN sangat mempengaruhi perkembangan grup idola wanita terbesar di Filipina itu. Dari segi perluasan pemasaran, iklan, penembakan variety show, dan lainnya telah dibantu oleh media ABS-CBN.

Bahkan label musik MNL48 "Star Music" merupakan anak dari ABS-CBN. Tempat pentas teater MNL48 yaitu Movie Stars Cafe juga merupakan kepemilikan ABS-CBN.