Lilia Duan Artis Tiongkok Anggap GNZ48 Plagiat Lagu Miliknya yang Berjudul 'Xinnian Hao'

Advertisement

Lilia Duan Artis Tiongkok Anggap GNZ48 Plagiat Lagu Miliknya yang Berjudul 'Xinnian Hao'

Selasa, 28 Januari 2020


Overseas48.com - Kabar tak sedap datang dari girl group asal Tiongkok 'GNZ48'. Sister group SNH48 yang berbasis di Guangzhou itu dianggap telah melakukan sebuah plagiasi terhadap lagu seorang artis.

Duan LiYang yang merupakan artis sekaligus seniman Tiongkok mengaku bahwa lagu milik GNZ48 menjiplak penuh lagunya. Komposisi musik lagunya yang berjudul 'Xinnian hao' mirip sekali lagu GNZ48 dengan judul yang sama..

Hal ini diketahui oleh Lilia pasca GNZ48 tampil di acara tahun baru di Guangdong TV pada 26 Januari 2020. Hal tersebut membuat penggemar Lilia geram karena merasa lagu artis favoritnya dijiplak tanpa izin.


Melalui akun Weibo, ia mengungkapkan bahwa GNZ48 melakukan plagiarisme dan membawakan lagu tanpa izin. Hal ini menjadi hal yang sangat menarik perhatian publik Tiongkok karena lagu GNZ48 sudah ada sejak tahun 2017. Mengapa baru dipermasalahkan sekarang?

Seperti yang terlampir di Baike Baidu, lagu Xinnian Hao GNZ48 telah dirilis pada 21 Januari 2017 dan dimasukkan sebagai lagu utama single kedua mereka. Sedangkan lagu Xinnian Hao Lilia Duan atau Duang Liyang ini baru dirilis secara digital pada 6 Februari 2018.

GNZ48 secara penuh mendaftarkan hak cipta lagu mereka yang dibeli dari komposer sebelum perilisan single. Lilia Duang baru mendaftarkan hak cipta sesudah GNZ48. Namun, Lilia mengaku bahwa lagu tersebut sudah ada untuk konser tahun baru pada 2012 tetapi sepertinya belum didaftarkan penuh ke hak cipta.

Lilia kini menempuh jalur hukum untuk menuntut GNZ48 atas plagiarisme.