Begini Tanggapan GNZ48 Terkait Tuduhan Plagiarisme Lagu 'Xinnian Hao' -->

Begini Tanggapan GNZ48 Terkait Tuduhan Plagiarisme Lagu 'Xinnian Hao'

Selasa, 28 Januari 2020


Overseas48.com - Seniman Tiongkok Duan Liyang menganggap GNZ48 telah menggunakan lagu milikinya tanpa izin di sebuah acara tahun baru. Lagu yang sebenarnya milik GNZ48 itu pun dianggap plagiat.

Mendengar ujaran warganet Tiongkok di Weibo, GNZ48 pun segera meluncurkan pernyataan resminya terhadap tuduhan plagiasi tersebut. Melalui akun Weibonya kemarin (27/01/2020), GNZ48 memberikan tanggapan berikut.

"Menanggapi lagu yang baru-baru ini diterbitkan tentang GNZ48 berjudul 'Xinnian Hao' yang diduga adalah salinan (plagiat). Perusahaan kami telah menginstruksikan staf yang relevan (untuk menangani kasus ini). Pertama kali menyelidiki, pada saat yang sama, untuk menghindari kebenaran umum yang tidak jelas dan spekulasi yang berlebihan yang mengarah pada rumor yang menyesatkan, perusahaan kami di sini membuat pernyataan: 
1. Lagu "Xinnian Ho" adalah karya yang dibuat oleh perusahaan dari distributor yang ditugaskan sebagai pemasok. Perusahaan telah menandatangani 'Perjanjian Komisi untuk Commissioning Lagu'. Lagu GNZ48 "Xinnian " dirilis pada Januari 2017, kami memiliki hak musik legal untuk itu. Jika lagu tersebut terbukti dijiplak, penulis harus menuntut pihak penjiplakan sesuai dengan hubungan hak cipta. 
2. Perusahaan kami akan secara aktif menghubungi Ms. Duan Liyang dan mengundang mereka untuk bernegosiasi dan bekerja sama dengan kami untuk bersama-sama mempromosikan penyelidikan dan telah meminta sang pembuat  lagu memberikan penjelasan serius tentang apakah pekerjaan itu sesuai dengan isi perjanjian. 
3. Perusahaan kami dengan sungguh-sungguh menyatakan bahwa sebagian besar teman netizen dapat menjaga perhatian yang wajar atas kejadian ini, tetapi faktanya benar-benar akan ditangani oleh otoritas kehakiman. 
Hak hukum, keputusan tidak ditentukan oleh perusahaan kami atau opini publik Internet. Setelah konsultasi dan penyelidikan, kami akan menjaga kerja sama semua pihak sesuai dengan hubungan hukum dan prosedur hukum. Perusahaan kami sangat mementingkan pekerjaan hak cipta, akan dengan tegas menindak pelanggaran, dan tidak akan pernah menghindari tanggung jawab yang sesuai. Pada saat yang sama, perusahaan kami akan melangkah lebih jauh Selangkah demi selangkah untuk melakukan pemeriksaan sendiri terhadap hak cipta dari karya yang dibeli, dan dengan tegas melindungi hak dan kepentingan yang sah dari kita dan sang pembuat asli.

Ruapanya GNZ48 menyerahkan kasus ini ke pihak hukum untuk memutuskan hak cipta sesungguhnya. Mereka juga tak malu untuk menghubungi Duan Liyang yang mengeluh telah terjadi plagiasi terhadap lagunya.

Seperti yang disebutkan GNZ48, warganet di Weibo banyak yang memojokkan baik grup maupun Duan Liyang. Namun tagar terhadap GNZ48 yaitu #GNZ48PlagiatDuanLiyang telah menyebar di Weibo sehingga perlu respon terkait hal tersebut.