Gao Yuanjing GNZ48 Dikabarkan Beragama Islam, Benarkah?

Gao Yuanjing GNZ48 Dikabarkan Beragama Islam, Benarkah?

Selasa, 03 Desember 2019


Overseas48.com - Warganet di Indonesia mendapati informasi bahwa anggota GNZ48 yang bernama Gao Yuanjing Team G dikabarkan beragama Islam. Kabar ini belum diketahui berasal dari mana sehingga memicu rasa penasaran banyak orang.

Sebenarnya isu menganai agama memang hal yang sangat sensitif di Indonesia. Mencampuri urusan keimanan terlebih mengenai agama sesorang juga kadang menjadi hal yang tak sopan. Namun, Overseas48 hanya akan meluruskan mengenai hal ini. Benarkah Gao Yuanjing memeluk agama Islam?


Gao Yuanjing biasa dipangging Xiao Huli atau yang berarti "serigala kecil" lahir di Shandong, Tiongkok. Dikutip dari stage48, Gao Yuanjing disebutkan merupakan bagian dari Suku Uyghurs. Menurut Wikipedia, Suku Uighur bersama suku Hui menjadi suku utama pemeluk agama Islam di Tiongkok. Lantas apakah Gao Yuanjing ini merupakan pemeluk Islam?

Menurut situs CFR.com, Lebih dari satu juta muslim telah ditahan secara sewenang-wenang di Provinsi Xinjiang. Beberap video di Youtube juga banyak mengangkat kisah tentang suku Uyghurs di Xinjiang yang diawasi ketat oleh pemerintah Tiongkok. Bahkan banyak sekali orng Uyghur yang menyembunyikan identitasnya karena hal ini.

Suku Uyghurs di Tiongkok banyak tinggal di Provinsi Xinjiang. Hal ini memungkinkan bahwa Gao Yuanjing hanya memiliki keturunan Uyghurs jika dilihat dari asal. Keturunan bukan berarti memiliki kepercayaan yang sama dengan pendahulunya.

Agar mendapat hasil pasti Overseas48 langsung bertanya pada fanclub Gao Yuanjing di Tiongkok. Melalui percakapan di Weibo saat ditanyai "apakah Gao Yuanjing adalah seorang Uyghur", jawabannya benar. Namun saat ditanyai perihal apakah Gao Yuanjing seorang muslim, mereka menjawab tidak. Akan tetapi siapa pun tidak ada yang dapat memastikan agama seseorang meski penggemar sekalipun.