Baca Juga


Grup idola yang berbasis di Jakarta, JKT48 telah berdiri hampir 8 tahun lamanya. Grup yang popuker dengan lagu Heavy Rotation ini sering kali comeback dengan beberapa lagu yang sempat hits pada jamannya. Setiap satu tahun kurang lebih ada 3 single comeback yang dirilis oleh JKT48 untuk mengisi dunia permusikan Indonesia.

Namun, siapa sangka kalau JKT48 pada tahun 2019 ini hanya merilis satu single yaitu High Tension. Single hasil pemilihan member single ke-20 itu dirilis pada 30 Januari 2019 lalu. Kini, telah tiba bulan ke 8 dan lebih dari 7 bulan lamanya grup ini tidak meluncurkan satu single usai pemilu. Padahal biasanya JKT48 merilis 2-4 single tiap tahunnya.

Lebih dikagetkan lagi kalau belum ada rencana tentang perilisan single baru JKT48. Bahkan acara tahun pemilihan tahun ini akan diadakan dan sedihnya tidak ada single atau album yang mendampingi ajang pemilu itu. JKT48 melalui situs resminya mengumumkan bahwa sousenkyo tahun ini akan dilakukan dengan kartu unduh atau download card. Spesial pemilihan umum tahun 2019 ini JKT48 meluncurkan kartu undah download card Fajar Sang Idola.

Ini adalah kedua kalinya bagi JKT48 tidak merilis single maupun album dalam 7 bulan lamanya. Pertama terjadi usai single kelulusan Melody 'Dirimu Melody' yang dirilis pada 14 Desember 2017. Usai itu single baru muncul pada 7 Juli 2018 yaitu UZA / Everyday Kachuusa. Jarak UZA dengan High Tension juga cukup lama yaitu 6 bulan. 

Apakah JKT48 mulai meredup dan sistem Re:Boost ini belum memiliki dampak yang bagus? Ataukah JKT48 sedang berfokus menaikkan kepopularitasnya kembali dan menarik hati masyarakat? Bahkan diperkirakan JKT48 akan merilis single lebih dari 7 bulan sebab masih menunggu hasil pemilihan member tahun ini.

Nyatanya JKT48 tidak sendiri, AKB48 GROUP di Jepang juga mengalami hal yang sama. SKE48 di Jepang juga mengalami hal tersebut. Grup yang berbasis di Sakae, Nagoya juga tak merilis single 7 bula lamanya dari masa 2018 ke 2019. HKT48 menjadi grup dengan jarak paling lama dalam merilis single baru yaitu 11 bulan lamanya. NGT48 juga sepertinya akan menyusul HKT48 karena sejak kasus kemarin mereka tak kunjung comeback sejak Oktober 2018.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama