Baca Juga


BNK48 usai menggelar acara peluncuran album kedua mereka 'Everybody says JABAJA' (05/07/2019). Seperti biasa saat peluncuran sebuah single atau album, BNK48 juga langsung merilis MV dari lagu baru mereka. Musik video JABAJA ini telah bisa di saksikan di kanal Youtube resmi BNK48. Dalam MV ini, BNK48 menyisipkan budaya tradisional Thailand untuk menarik masyarakat tentunya.

Salah satu yang membuat menarik penggemar Indonesia tentunya adalah munculnya wayang kulit yang dimainkan oleh para anggota. Eits, wayang kulit ini juga menjadi salah satu seni budaya di Thailand bukan hanya di Indonesia. Adegan wayang kulit di MV Jabaja BNK48 ini muncul dalam menit 00:55. Wah ternyata Indonesia dan Thailand punya budaya yang mirip ya!



Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata 'Ma Hyang' yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Wayang kulit dibuat dari bahan kulit sapi yang sudah diproses menjadi kulit lembaran, perbuah wayang membutuhkan sekitar ukuran 50 x 30 cm kulit lembaran yang kemudian dipahat dengan peralatan yang digunakan adalah besi berujung runcing berbahan dari baja yang berkualitas baik (Wikipedia Indonesia).


Nah kalau yang dimainkan para anggota BNK48 ini bukan wayang yang kita kenal tetapi orang di Thailand menyebutnya sebagai Nang Talung. nama wayang Thailand nang talung diambil dari kata Phatthalung, salah satu provinsi di Thailand. Seperti yang dikutip dari Tribunnews.com Sejarah menyebutkan jika wayang ini dulunya dibawa oleh orang Jawa melalui Malaysia dan sampailah di Phatthalung, Thailand Selatan ini. Dalam wayang nang talung memiliki 10 tokoh dan memiliki delapan tokoh pokok yang terkenal. Setiap tokoh menggambarkan provinsi di Thailand Selatan. Misalnya, Ai Theng berasal dari Songkhla dan Nu Nui berasal dari Phatthalung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama