Baca Juga


BNK48 adalah grup idola saudari dari AKB48 di Jepang yang juga menerapakan konsep 'idola yang dapat kamu temui'. Nama BNK48 melambung tinggi selama dua tahun ini dan mencapai kepopuleran yang tinggi di Thailand. Dua perusahaan besar yaitu Workpoint dan Plan-B melakukan investasi besar-besar ke BNK48. Sebagai grup idola nasional Thailand, BNK48 kini juga telah memikirkan masa depannya dengan beberapa rencana salah satunya adalah memperluas pasar ke ASEAN dan Tiongkok.

Positioning Magazine secara eksklusif mewawancarai CEO dari BNK48 Office yaitu Jirath Pavaravadhana tentang masa depan grup dan kisah tentang BNK48. Berikut yag telah dirangkum dan dialih bahasa oleh Overseas48 


BNK48 Tidak 'Booming' Sementara Tapi Permanen

Sejak BNK48 merilis single pertama pada tahun 2017, tuan Jirath percaya bahwa banyak orang memahami lebih jelas model bisnis apa 'idol marketing' itu sekarang. Itu adalah hal yang baru dunia hiburan dan pemasaran. Hal tersebut adalah sesuatu yang diakui dan akan bertahan untuk setiap orang, bukan booming sementara.

Sekarang BNK48 telah booming pada 2017 dengan "Koi Suru Fortune Cookie" di YouTube yang memiliki 170 juta penonton. Selama dua tahun terakhir, grup selalu memiliki pekerjaan dengan 20 merek, bermain drama, film, dan tampil di berbagai acara TV. Namun, muncul pertanyaan apakah booming populer ini masih berlanjut?

BNK48 populer lebih awal dibandingkan dnegan program Buppesannivas yang tayang mulai 11 April 2018. Beliau mengatakan bahwa BNK48 masih menjadi topik dan selalu ada pekerjaan yang harus dilakukan. Acara jabat tangan yang selalu penuh dari dulu sampai sekarang. Meskipun media kini menjadi kurang banyak membicarakan dibandingkan tahun lalu, penggemar BNK48 masih selalu memeliki topik bahasan. Jika ada aktivitas tentang anggota, topiknya sering menjadi tren Twitter.

"Kami melihat BNK 48 bukan sebagai booming. Ini adalah segmen baru yang lahir di dunia hiburan, Kami akan terus bertahan di masa depan. 10 juta penggemar di seluruh negeri. Grup ini terdiri dari anak-anak dan remaja, tetapi basis penggemar selalu berkembang dengan produksi konten baru", ujar Mr. Jirath. Tanggung jawab kami (BNK48 Office) adalah melakukan pengembangan bisnis dan pengembangan konten secara lebih luas. Ini akan membuat platform BNK48 untuk tumbuh secara permanen.


BNK48 Films: Rumah Produksi Konten dan Melesat Hingga Luar Negeri

Salah satu pengembangan Konten yang dimulai tahun lalu adalah BNK48 Films. Ini merupakan salah satu rencana bisnis BNK48 untuk berinvestasi dalam film dan drama. Karena BNK48 menjadi kuat dalam lapisan penggemar, bekerja di dunia hiburan, bernyanyi, menari, setelah berlatih kemudian adalah tanggung jawab perusahaan untuk mencari peluang kerja bagi para anggota. Itulah titik yang ditetapkan perusahaan sebagai tujuan. Dengan kata lain, untuk lebih maju ke sebutan 'Talent Management', bukan hanya tentang lagu saja (menari dan menyanyi).

Konten film dan drama dipandang membantu memenuhi tujuan 'perluasan untuk popularitas' dari BNK48 sendiri. Pergi ke daerah baru, mencari penggemar baru. Karena film dan drama dari Thailand adalah konten yang populer di luar negeri. Film adalah konten yang membantu anggota menemukan peluang baru di luar negeri. Sasarannya adalah negara-negara ASEAN di sekitar Thailand dan Tiongkok yang merupakan strategi penting bagi BNK48 di masa depan.

Berfokus pada Tiongkok sebagai target utama. Seperti yang diketahui, orang TIongkok menyukai pariwisata dan makanan Thailand, dan mereka juga menyukai bintang atau artis Thailand. Banyak bintang Thailand sekarang sukses dan terkenal di TIongkok. Dengan demikian, film-film BN 48 memiliki peluang untuk memasuki pasar Tiongkok yang memang besar. Dan kami melihatnya sebagai peluang besar untuk membuka lubang di pasar dengan populasi 1,3 miliar orang. "Karena itu, strategi utama perluasan ekspansi adalah pasar Tiongkok", ujar Mr. Jirath. Saat ini penggemar Tiongkok BNK48 sudah terhubung melalui media sosial Weibo.


Target Empat Film dan Drama dalam Satu Tahun

Tujuan BNK48 Films adalah untuk menghasilkan setidaknya empat film dan drama setahun. Dengan 100% investasi in-house atau investasi bersama, bentuk bisnis selanjutnya akan dipromosikan ke beberapa model. Tahun lalu, anggota BNK48 pergi ke pekerjaan film dan drama melalui proyek-proyek perusahaan produksi film lain. 

"Kunci untuk menempatkan anggota BNK48 ke dalam film dan drama adalah mengidentifikasi peluang dan seberapa baik mereka bermain. Tetapi jika anda harus menunggu proyek yang bagus, saya mungkin tidak bisa menunggu pekerjaan dalam hal ini. Karena perusahaan produksi film saat ini memproduksi satu atau dua film dalam setahun, Selanjutnya, mereka harus memilih peran yang cocok untuk anggota. Jika kita tidak bisa menunggu, kita harus berdiri dan membuat film sendiri", ujar Mr. Jirath.

Produksi film pertama BNK48 Films adalah Where We Belong yang dibintangi Music dan Jennis. Dokumenter BNK48 musim ke-2 "REAL ME" akan dirilis di bioskop sekitar Agustus. Proyek film yang didanai bersama “Thi Baan The Series x BNK48” akan berlangsung sekitar Oktober-November.

Ia berencana untuk membuat empat film lagi pada tahun 2020. Itu tidak termasuk drama TV. Kedua kontrak telah ditandatangani, dengan investasi sendiri dan investasi bersama. Namun, jika tidak ada proyek investasi bersama, semuanya siap untuk berinvestasi sendiri. 51 anggota siap menjadi talent dari BNK48 yang bersiap untuk bekerja di bidang akting.

Peluang penting lainnya adalah penjualan hak cipta di luar negeri. Saat ini, film telah meminta hak cipta dari negara-negara tetangga seperti Myanmar, Laos dan Kamboja. Untuk Tiongkok, kami (BNK48 Office) telah menyiapkan dan memasarkan agen dan mencari platform online yang akan cocok sebagai dasar untuk pemasaran film BNK48. Dan tidak perlu menunjukkannya di bioskop, karena tugas utamanya adalah membuat BNK48 dikenal oleh banyak orang di luar negeri melalui konten film. Ini tugas yang berbeda dari perusahaan film yang mencari uang. Selain itu, hak cipta dapat dijual ke platform online lainnya seperti Netflix. Anda harus dapat menghasilkan keuntungan dengan mendapatkan pendapatan komprehensif di semua saluran.

"Jika sebuah film bernilai investasi, keuntungan kami adalah Ini adalah kesempatan bagi anggota untuk mengembangkan kemampuan baru, popularitas meningkat. Dan itu akan menjadi peluang untuk menciptakan konten Thailand yang bagus di luar negeri", ujar Mr. Jirath.


Event Setiap Bulan untuk Mengontrol 'Booming'

BNK48 booming yang populer selalu terjadi selama dua tahun terakhir. Normal bagi orang-orang untuk melihat "booming yang naik turun". Tapi Mr. Jirath berkata, Bisnis BNK48 tidak mengandalkan boom yang terus-menerus, bisnis ini adalah model bisnis baru, Saya menekankan bahwa itu adalah bisnis untuk menarik penggemar. Penggmar masih memiliki peluang untuk meningkat. Penggemar yang banyak adalah wanita di bawah 15 tahun dan pria di atas 15 tahun. Ada peluang untuk memperluas grup dengan konten baru.

Hingga saat ini, BNK 48 tidak pernah berhenti pemasaran. Anda dapat melihat bahwa cerita BNK48 selalu hadir. Membuat film, Bermitra dengan Bie The Ska dan Berkolaborasi untuk meluncurkan saluran YouTube baru dan bersama-sama memperluas penggemar. Kami mengadakan acara olahraga di perusahaan kami, dapat dikatakan bahwa "kita bekerja keras". Jadi aktivitas, pemasaran, dan konten lahir terus menerus.

Oleh karena itu, kami berusaha keras untuk membuat kegiatan "setiap bulan" terus menerus. Baik disponsori oleh proyek besar seperti film atau merk, atau aktivitas kecil yang menggabungkan beberapa tugas seperti acara atau road show, kami melakukannya tanpa sponsor. Karena anda harus berinvestasi sendiri. Cara Anda mendapatkan penghasilan berbeda dari bisnis lain. Misalnya, acara jabat tangan di wilayah regional dapat menjual 10.000 tiket.

Sumber pendapatan utama untuk BNK48 adalah 70% dari penjualan single musik, tiket jabat tangan, dan barang dagangan, 20% dari sponsor, dan 10% dari tiket konser lainnya dan konten baru. Mulai tahun ini, penghasilan lain dari konten akan meningkat dengan hadirnya BNK48 Films. Ini adalah pertumbuhan strategis, dan ini adalah bisnis yang diciptakan dengan menambah nilai tambah anggota BNK48. Di masa depan, itu akan membangun pendapatan inti bagi perusahaan. Ini juga merupakan mekanisme untuk meningkatkan popularitas anggota pada saat yang sama.

"Apa yang akan terjadi tahun depan? Kami memiliki 10 anggota BNK48 yang telah menjadi aktris yang telah membintangi drama dan film. Itu membuat perusahaan sangat kuat sehingga sponsor yang akan mengikuti. Jadi dapat dikatakan bahwa pengembangan konten baru sangat penting", ujar Mr. Jirath.


BNK48 Tetap Ada Meski Anggota Lulus

Model manajemen Talent BNK48 saat ini memiliki anggota dua generasi, bagaimana kelanjutan model bisnis ini jika mengumumkan bahwa para anggota lulus di mana mereka akan meninggalkan grup?

Mr. Jirath Dalam hal mencari pemahaman tentang model bisnis BNK48, yang merupakan "platform". Silakan bandingkan dengan tim sepak bola, bahkan jika peloportelah keluar dari tim di liga terkenal, misalnya Liverpool atau MU, tim masih ada. Karena ada pemain sepak bola lain, masih ada lapangan sepak bola dan penggemar tim. Itu normal bagi pemain dalam tim untuk berubah. Demikian juga, "kelulusan" anggota adalah hal biasa. Ada enam anggota yang lulus di masa lalu. 

"Sistem di tim sepak bola akan menjadi pemain sepakbola superstar bagi pemain yang meninggalkan tim dan kurang bermain, Itu bukan akhir tim atau penghentian operasi. Platform BNK48 serupa dan akan terus dapat dilanjutkan", ujar Mr. Jirath.


Audisi Generasi 3 Tahun Depan

Di BNK48, 51 anggota telah memilih dan bergabung menjadi talent dan telah bekerja selama dua generasi. BNK48 Office menunda periode audisi generasi ketiga yang harusnya dilakukan tahun ini. Tapi kami menundanya hingga 2020 dikarenakan 51 orang anggota ingin berhati-hati untuk memaksimalkan potensi mereka. Setelah itu, kami akan melakukan rekrutmen anggota baru. Kami akan memilih sekitar 30 anggota setiap kali audisi.


Pemilihan Umum (Senbatsu Sousenkyo)

Tentang pemilihan umum tahun ini, penjualan tiket suara mencapai 700.000 Harus dikatakan bahwa itu tidak mudah untuk para penggemar. Karena itu, pemilihan umum skala besar tidak bisa sering dilakukan. Meski ini diterapkan sekali setiap tahun di luar negeri (AKB48, JKT48, SNH48, MNL48). Namun, setelah melakukan putaran pertama Januari lalu di Thailand, di masa depan pemilihan umum ditetapkan dua kali dalam tiga tahun.

"Para anggota BNK 48 selalu mengatakan kepada para penggemar bahwa dukungan untuk BNK48 seharusnya hanya dalam kisaran yang tidak berlebihan, dan tidak perlu memiliki semua jenis barang," ujar Mr. Jirath.


Nah itu tadi wawancara eksklusif antara BNK48 Office dengan pihak majalah. Dapat dilihat bahwa BNK48 sangat peduli dengan para anggotanya serta mengantisipasi lebih dini tentang menurunnya popularitas. BNK48 juga menekankan produksi konten baru khususnya film dengan membuat rumah produksi sendiri untuk memperluas pasar. Makin matang ya adik AKB48 yang satu ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama