Ads Top

BNK48 Punya Adik CGM48 di Thailand, Bisakah JKT48 Punya Sister Group 'SBY48' di Surabaya?


BNK48 kini punya adik pertamanya di Thailand bernama CGM48 yang berbasis di Chiang Mai. Pembentukan ini tidak diduga-duga oleh penggemar grup 48 di Indonesia sebab Thailand sudah punya satu grup 48 yakni BNK48 di Bangkok. Para penggemar JKT48 merasa iri dengan hal ini, BNK48 begitu populer hingga memperluas pasarnya membentuk CGM48 dan  disetujui pula oleh AKS. Sebagai penggemar grup saudari pertama AKB48 di luar negeri, banyak sekali anggapan kalau JKT48 memang anak tiri AKS.

Sebenarnya industri idola di Thailand berbeda dengan di Indonesia. Budaya idola di sana sangatlah kuat bahkan grup lain seperti Sweet16 juga sangat populer. BNK48 sendiri membawa budaya JPOP di mana KPOP sudah lebih populer terlebih dahulu di Thailand. Tetapi karena keunikan idola JPOP dari segi musik, anggota, sistem membuat masyarakat menyukai mereka. Para penggemar di Thailand juga sangat loyal, bahkan mereka lela berdonasi dan menghabiskan uang mereka untuk urusan idola. Lihat saja Cherprang sampai masuk deretan under girls pemilu AKB48.

Perlukah JKT48 adik? Rasanya memang penggemar berharap banyak akan kedatangan grup 48 baru di Indonesia. Kota Chiang Mai basis CGM48 ini ternyata kota terbesar kedua di Thailand. Apakah JKT48 perlu memiliki adik di kota terbesar kedua juga? Baik, kota terbesar kedua Indonesia adalah Surabaya. Jika grup 48 dibentuk di sana kemungkinan namanya adalah SBY48.

JKT48 sendiri sering menjadikan kota tersebut untuk acara besar, bahkan teater sementara di Surabaya juga digelar 2016 lalu. Surabaya sendiri memiliki populasi yang lebih besar dari Chiang Mai. Surabaya memiliki populasi sekitar 2,7 juta jiwa pada 2010 sedangkan Chiang Mai hanya sekitar 200ribu jiwa. Dari segi industri hiburan, tidak jauh beda di Thailand dan Indonesia hampir semua televisi besar berkantor pusat dan berkegiatan di ibu kota, artinya Chiang Mai dan Surabaya sama-sama tidak berpusat sebagai industri hiburan. Makanya BNK48 ini sedikit nekad dalam meluaskan ekspansinya. Untuk segi popularitas, Chiang Mai dikenal dunia dengan keindahan alam hutannya yang masih asri. Surabaya diketahui dunia karena tat kota yang bagus dan kerap mendapat penghargaan dari luar negeri.

SBY48 juga pernah dijadikan bahan bercandaan para anggota JKT48. Pada saat acara teater sementara si Surabaya kemarin, saat MC para anggota menjadikan 'SBY48' sebagai bahan topik pembicaraan. Bahkan banyak sekali penggemar yang menginginkan realisasi SBY48 secara nyata usai MC para anggota. Ada juga yang menganggap ini sebuah kode dari manajemen. Namun, hingga kini masih menjadi rumor yang terus diharapkan untuk jadi nyata.

Jika melihat waktu 2014-2016 lalu adalah puncak kejayaan JKT48. Saat itu pembentukan SBY48 mungkin dapat terealisasi. Namun kini, sepertinya SBY48 hanya akan jadi mimpi para penggemar. JKT48 kini sedang mencoba kembali bangkit usai perlahan ditenggelamkan waktu. Kalau SBY48 diwujudkan pun bisa jadi malah memberikan dampak buruk bagi manajemen saat ini. Budaya JPOP di Indonesia kini mulai luntur tersisih oleh maraknya KPOP. Kesimpulannya adalah SBY48 mungkin dapat direalisasikan tetapi masih menunggu waktu.

Waktu akan menjawab bagaimana kondisi JKT48 sendiri, penjualan single, tiket pertunjukan, konser, jika saja masih belum tinggi bagaimana SBY48 dapat menjadi adik JKT48? Bahasa kasarnya 'induknya aja belum beres/ bagaimana anaknya'. Berbeda dengan BNK48 yang memiliki manajemen yang baik, penggemar yang loyal, dukungan pemerintah, sponsor yang banyak, kerja sama perusahaan lain yang datang dari mana-mana. Pokoknya BNK48 sudah seperti grup idola nomor satu di Thailand yang banyak diidam-idamkan kaula muda sampai tua untuk waktu ini.

Belum ada Komentar untuk "BNK48 Punya Adik CGM48 di Thailand, Bisakah JKT48 Punya Sister Group 'SBY48' di Surabaya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel