Ads Top

SNH48 Punya Situs Web Berbahasa Jepang? Cek Faktanya Disini!

Profil tetang SNH48 disitu tertulis bahwa mereka adalah AKB48 versi Shanghai

Ramadhan tiba! WOTAPEDIA balik lagi nih, kita mau ngajak kalian buat mengenal 48 lebih dalam. Nah kali ini bakal mengenalkan kalian ke mantan grup saudari AKB48 di Shanghai yang kini sudah independen 'SNH48 (Shanghai48)'. Independennya si SNH48 ini katanya ada berbau sama isu nasionalis loh kan Jepang dan Tiongkok ga begitu akur dulunya. Nah katanya manajemen yang baru STAR48 itu pengen bikin konsep orisinal Tiongkok gitu alias bukan jejepangan lagi. Makanya konten yang berbau jepang SNH48 mulai dihapus lambat laun supaya mereka mudah diterima masyarakat di sana.

Tapi pada kemunculan pertama mereka sebagai grup saudari AKB48, SNH48 ini sangat jejepangan sekali loh! Bahkan mereka pernah didukung oleh kedutaan besar Jepang di Tiongkok untuk memperkenalkan budaya Jepang saat itu. SNH48 juga sangat membawa nama AKB48 saat mereka mengadakan audisi pertama kali. Sama seperti JKT48 waktu itu, SNH48 juga punya situs web berbahasa jepang yang dibuka pada Maret 2013. 

snh48.com/jp/ - SNH48 Official Japan Website
Situs web Jepang SNH48 ini semuanya berbahasa Jepang dimulai dari konten berita, fansclub, menu, dan lainnya. Bahkan halaman profil anggota SNH48 juga dimuat dalam bahasa Jepang. Nah terbukti kan kalau SNH48 itu sangat jejapangan sekali di awal-awal debut. Bahkan grup saudari luar negeri yang sekarang seperti BNK48, MNL48 tidak memiliki situs web berbahasa Jepang.


Sayangnya situs ini ditutup pada akhir 2015 yang kemungkinan saat itu SNH48 akan jatuh ke tangan STAR48. Sebelumnya SNH48 juga memiliki situs khusus perkembangan 48 GROUP (www.48.cn) yang juga telah dihapus kini. Salah satu lagu AKB48 yang SNH48 sadur memiliki kata bahasa Jepang adalah Oogoe Diamond saat dibawakan Tang Min cs. Saat itu liriknya terdapat kata 'suki' sama seperti versi AKB48. Lirik 'suki' tersebut kini telah diubah dalam mandarin menjadi 'shi ni'. Bagaimana SNH48 sangat jejepangan kan dulu, bahkan para anggota geerasi satu sampai tiga banyak yang mantan wibu, wota, dan pecinta budaya Jepang. Zhang Yuge atau Tako juga memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang cukup lancar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.