Ads Top

MUM48 Apa Kabar?


Proyek sister group AKB48 yang berbasis di Mumbai India 'MUM48' kini sedang tidak ada kejelasan. MUM48 diumumkan oleh sang general manajer AKB48 saat itu pada tanggal 27 Desember 2017 melalui siaran langsung. Grup yang ini juga telah diresmikan dan diluncurkan oleh perusahaan yang akan menaunginya yakni Rashmi Raj Media Pvt. Ltd. pada Januari 2018. Sudah satu tahun diumumkan sampai kini grup idola berlogo hijau ini tak kunjung debut.

Audisi generasi pertama telah digelar, tahap pelamaran sudah dibuka di situs resmi mereka pada bulan April 2018. Hingga kini perkembangan audisi pelamaran ini juga tidak berkembang ke tahap selanjutnya. Situs resmi sampai waktu ini masih membuka pendaftaran anggota generasi pertama. MUM48 tidak menentukan tanggal penutupan tahap pelamaran ini. Awalnya deadline pendaftaran audisi jatuh pada 30 Juni 2018 tetapi akhirnya dihapus oleh pihak MUM48. Hal tersebut mengindikasi terjadinya rendahnya peminat bagi gadis-gadis di India untuk menjadi anggota MUM48.

Mari kita tinjau dari media sosial yang sudah diumumkan MUM48 di situs resminya. Akun resmi Twitter MUM48 (@mumbai48) terakhir diperbarui pada tanggal 23 Juli 2018. Enam bulan lalu tepatnya, padahal grup ini sebelumnya gencar melakukan promosi audisi yang didukung oleh para talent film ibunda Rashmi. Setelah itu, hampir semua sosial media MUM48 tidak melakukan perbaruan sama sekali sampai sekarang. Bahkan situs AKB48 GROUP tidak mencantumkan situs resmi MUM48 yang sudah ada saat ini.

Mengapa grup MUM48 tidak secepat SGO48 dan AKB48 Team SH? Bila dilihat dari latar belakang budaya dan masyarakat, itu akan sulit bagi sebuah grup idola MUM48 untuk beradaptasi di sana.  Masyarakat India mungkin lebih suka dengan sinetron maupun kebudayaan tradisional. Musik J-POP yang diusung AKB48 maupun musisi Jepang lainnya tidak begitu populer. Bahkan demam musik K-POP tak meracuni generasi muda India seperti di Indonesia.

Tidak bisa dibayangkan jika MUM48 menjual CD, merchandise, dan menggelar konser maupun handshake. Apakah dengan konsep Jepang seperti itu akan disukai masyarakat sana atau tidak. Dari segi konten berbau Jepang, di India sendiri tidak begitu banyak yang terkenal, yang cukup populer di sana adalah Doraemon dan Sinchan. Kota Mumbai sudah sangat cocok menjadi basis, karena memang dikenal menjadi pusat hiburan dimana industri perfilman Bollywood berbasis disana.

Informasi Trademark MUM48

Dari merk dagang 'MUM48' yang telah didaftarkan pada tanggal 13 Januari 2018. Merk dagang itu tertandai di kelas 16 (http://skm.dgip.go.id/index.php/skm/detailkelas/16). Berbeda dengan AKS, kelas merk dagang AKB48 GROUP berada di kelas 41 (http://skm.dgip.go.id/index.php/skm/detailkelas/41). Tetapi, ini tidak bisa dipastikan karena mungkin setiap negara berbeda. Berbasis di Mumbai, tetapi merk dagang MUM48 didaftarkan di ibu kota india New Delhi.

Apakah akan ada gerakan dari AKS sendiri selaku produser? Apakah proyek MUM48 akan seperti proyek TPE48 yang terbengkalai bertahun-tahun?

2 Komentar untuk "MUM48 Apa Kabar?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel